Mentan Apresiasi Kinerja BBIB Singosari

Tanggal Posting : 28 April 2021 | Publikasi : (admin) | Hits : 153

Rabu, 28 April 2021, Menteri Pertanian Republik Indonesia Bapak Dr Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, salah satu UPT DitJen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang telah menerapkan PK BLU.  Dalam kunjungan dilakukan peninjauan secara langsung aktifitas laboratorium produksi semen beku dan bank sperma yang telah memberikan peran penting suksesnya program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri).  Bapak Menteri beserta rombongan berkenan meninjau pejantan-pejantan unggul Sapi dan Kambing pilihan dan bersertifikat yang dioptimalkan spermanya menjadi semen beku guna peningkatan produktifitas ternak milik rakyat melalui pelaksaan Inseminasi Buatan (IB).

Menteri Pertanian Mengatakan, “ Balai ini seperti kita lihat merupakan pusat produksi semen beku yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nasional tapi juga telah melakukan ekspor. Semen dari sapi-sapi besar yang ada di sini seperti Limousin, Brahman, Belgian Blue, dan lain sebagainya membantu usaha kita bersama dalam usaha pemenuhan kebutuhan daging nasional.”
BBIB Singosari merupakan penyedia terbesar produk semen beku yang didistribusikan secara gratis melalaui program SIKOMANDAN ke seluruh Indonesia.  Pada tahun 2020 telah terdistribusi semen beku sebanyak 3.709.297 dosis ke berbagai daerah di Indonesia, dan terdistribusi sebanyak 48.118.674 dosis sejak tahun 1982.  
Tahun 2021 BBIB Singosari pada tahap I sampai dengan Maret telah mendistribusikan sebanyak 899.319 dosis untuk program SIKOMANDAN, saat ini stock semen 2.263.514 dosis ditambah potensi produksi 2021 berjalan 3.1 Juta dosis, siap untuk distribusi SIKOMANDAN 2021.

Produk BBIB Singosari tidak hanya dikenal di penjuru negeri namun telah di kenal di berbagai negara telah dilakukan export sebanyak 30.020 dosis di 7 negara. Produk berkualitas SNI yang siap bersaing di kancah internasional.

Sebagai Badan Layanan Umum, BBIB Singosari telah meluncurkan 15 layanan yang dapat dinikmati masyarat yaitu Layanan Penjualan Semen Beku, Layanan BimTek, Layanan Eduwisata Yanmas, Layanan Uji Mutu Semen, Layanan Penelitian, Layanan Jasa Konsultasi, Layanan Juri Kontes dan Instruktur, Layanan Penjualan Pakan, Layanan Bibit dan Benih Pakan, Layanan Penjualan Pupuk, Layanan Sewa Aset, Layanan Foto/Videografi, Layanan Jasa Teknis, Layanan Tempat uji Kompetensi dan Layanan Purna Jual.

BBIB Singosari juga berperan dalam peningkatan SDM peternakan di lapangan sebagai ujung tombak pelaksanaan SIKOMANDAN melalui program Bimbingan Teknis dan Tempat UJi Kompetensi.  Saat ini BBIB Singosari telah melatih 10.951 orang petugas lapangan dalam negeri. Untuk kerjasama internasional  BBIB Singosari telah melatih 329 orang tenaga teknis IB dari 22 negara serta telah mengirimkan tenaga ekspert ke berbagai negara sebanyak 46 orang.  

BBIB Singosari juga ditunjuk sebagai salah satu implementing agency oleh Kornas Kerjasama Selatan Selatan dan Triangular dimana program ini merupakan salah satu prioritas pemerintah dalam mendukung pembangun global dan penguatan posisi Indonesia di mata Internasional.  Telah berhasil menjadi contoh kerjasama internasional melalui program Reverse Linkage Indonesia – IsDB – Kyrgyzstan tahun 2015 – 2017 dan berlanjut Reverse Linkage Indonesia – IsDB – Suriname tahun 2021 – 2023 serta kepercayaan kerjasama internasional dengan berbagai pihak.

 

Narahubung:
Dr. drh. Kresno Suharto, M.P.
(Kepala BBIB Singosari)