Buku Statistik Peternakan Dan Kesehatan Hewan Tahun 2020

Tanggal Posting : 31 Desember 2020 | Publikasi : (admin) | Hits : 3461

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan bahwa perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini menunjukan bahwa ketersediaan data dan informasi merupakan komponen penting dalam proses penyelenggaraan pembangunan utamanya dalam penentuan kebijakan, alat pengendalian untuk mencegah terjadinya kesalahan, serta mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

Penyediaan Data Makroekonomi dan Data Pokok Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Kegiatan Pengumpulan, Pengolahan, serta Penyajian Data dan Informasi Peternakan dan Kesehatan Hewan. Data Makroekonomi Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan dikumpulkan dan diolah dari instansi terkait seperti Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia. Sementara Data Pokok Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan dikumpulkan dan diolah secara bertahap, dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi. Hasil rekapitulasi data di tingkat provinsi dikirimkan ke Ditjen PKH untuk diverifikasi dan divalidasi serta diolah. Selanjutnya Data Makroekonomi dan Data Pokok Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan yang telah diolah, disajikan dalam bentuk publikasi Buku Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Buku Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2020 ini merupakan publikasi pertama dalam tahapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. Dalam buku ini disajikan Data Makroekonomi Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan yang mencakup data Produk Domestik Bruto, Produk Domestik Regional Bruto, Investasi, Harga Konsumen, Nilai Tukar Petani Peternakan, Ekspor – Impor, Tenaga Kerja, dan Konsumsi. Sementara Data Pokok Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan mencakup data populasi, pemotongan tercatat, produksi, pengeluaran, dan pemasukan ternak, serta parameter dan kelembagaan, baik Angka Tetap Tahun 2019 dan Angka Sementara Tahun 2020.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan buku ini. Kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapkan dalam rangka perbaikan Buku Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan di tahun yang akan datang. Semoga data dan informasi yang tersaji dalam buku ini dapat memberikan manfaat para pemangku kepentingan yang terkait dalam Pembangunan Subsektor Peternakan dan Kesehatan Hewan dan masyarakat yang membutuhkan.

 

Jakarta,      November 2020

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan,

(ttd)

Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc

 

Buku Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2020 dapat diunduh disini